Sunday, October 23, 2011

Cara Mengendalikan Stress....


Terdapat beberapa teknik mengendalikan stress. Teknik ini berusaha mengurangi stress yang dimiliki karena apabila tidak terkurangi stress tersebut dapat menumpuk dan mengakibatkan keadaan tubuh yang tidak sehat. Teknik-teknik yang disarankan adalah :

Pernafasan Dalam. Menarik nafas dalam-dalam dan perlahan-lahan kemudian menghembuskannya. Lakukan ini dua atau tiga kali.

Olahraga yang teratur. Dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik dan keadaan bagian tubuh yang lain juga menjadi sehat.

Mendengarkan musik. Dapat mengurangi ketegangan.

Tertawa, ini merupakan teknik yang cukup baik yang dapat kita lakukan dengan mudah. Minimal tersenyum selama empat menit. Lihat sisi yang lucu dalam kehidupan.

Mandi, air hangat dapat mengurangi ketegangan otot-otot

Pijat, cara yang menyenangkan untuk keluar dari tekanan fisik

Membaca, dapat meredam emosi untuk jangka pendek

Hobi, melakukan sesuatu yang disukai secara teratur, seperti pergi ke pantai, berkunjung ke rumah teman, keluarga, menggambar atau melukis, bernyanyi, pergi ke pasar, dll

Istirahat yang teratur, beristirahat dapat mengumpulkan kembali energi

Mengobrol, luangkan waktu untuk menceritakanperasaan kepada orang lain, hal-hal yang disimpan dalam hati dapat menimbulkan penyakit

Meditasi, beberapa budaya dalam suatu komunitas mempunyai cara tersendiri dalam melakukan meditasi. Cara-cara dalam meditasi dapat efektif seperti metode-metode pengendalian stress lainnya. Sebagian besar teknik meditasi mesyaratkan suasana yang hening, sikap tubuh yang nyaman, pengkondisian mental (bisa dengan kata-kata, simbol-simbol atau suara-suara yang mendukung). Pernyataan-pernyataan sikap mental : seperti penyataan-pernyataan positif sebelum meditasi diakhiri contoh : “Saya merasa berharga dan dapat mengatasi masalah setelah meditasi ini”

Sumber : Modul Pendampingan Pastoral & Konseling YAKKUM 2008

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India