Saturday, October 22, 2011

Stress......


Stress mempunyai arti : gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh tuntutan kehidupan.

Semua perubahan yang terjadi membutuhkan usaha dan waktu untuk penyesuaian dan itu semua menimbulkan stress. Selain itu, segala sesuatu yang memberi rasa khawatir pun dapat menimbulkan stress. Ketika kita mengalami sesuatu hal yang mengancam diri ataupun ketika kita megalami hambatan dalam memenuhi tuntutan lingkungan, kita mengalami stress.

Reaksi yang dapat dilihat pada saat mengalami stress adalah otot-otot menegang, nafas yang tidak teratur, detak jantung yang menjadi cepat. Namun ketika stress itu sudah berlalu, yang timbul adalah perasaan rileks / santai / lega. Pada saat itu, otot-otot yang semula tegang akan melemah, detak jantung melambat dan nafas teratur. Reaksi ini merupakan reaksi wajar.

Stress tidak selalu berpengaruh buruk
Sebagai contoh ketika kita diundang kesuatu pertemuan penting, kita akan merasa malu apabila tidak datang tepat waktu. Namun lokasi yang jauh, transportasi yang sulit mengakibatkan kemungkinan kita akan terlambat. Pada saat seperti itu stress akan muncul. Namun stress tersebut akan berfungsi baik apabila kita bisa mengatasi stress tersebut, misalnya yang kita lakukan adalah berangkat lebih awal agar sampai tepat waktu.

Stress terkadang membantu memberi motivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik
Stress apabila dikendalikan dapat membuat kita kembali ke keadaan normal dan lebih bersemangat. Namun stress yang berlebihan justru akan berpengaruh buruk. Hal ini dapat disimbolkan dengan sebuah balon. Apabila balon tersebut diisi sedikit udara, balon tersebut akan menggelembung dan dapat naik ke udara namun tidak pecah. Apabila balon tersebut diisi udara sebanyak-banyaknya, balon tersebut tidak akan kuat menampungnya kemudian akan pecah. Apabila kita menyimpan stress namun dapat mengaasinya, kita dapat berkembang menjadi lebih baik. Namun apabila kita memendam stress hingga menumpuk dan tidak sanggup untuk menampungnya lagi, kita dapat pecah atau menderita gangguan-gangguan baik secara mental atau tubuh.

Tanda dan Gejala Stress
Tanda dan gejala stress berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Namun beberapa gejala bersifat umum seperti sifat lekas marah, dan suka murung. Kemudian banyak perilaku kita yang berubah seperti memarahi anak kecil atau orang lain karena sesuatu yang tidak penting atau karena kesalahan-kesalahan kecil saja. Kitapun jadi sulit berkonsentrasi hingga terkadang sering lupa akan beberapa hal, sering tidak tanggap apabila diajak bicara, dll. Perubahan-perubahan lain yang diakibatkan stress adalah munculnya kebiasaan-kebiasaan buruk seperti : kebiasaan minum alkohol, minum kopi secara berlebihan, minum obat-obatan tertentu, ataupun berjudi. Secara umu dampak stress dapat mempengaruhi perilaku, pikiran, perasaan dan juga fisik / tubuh.

Sumber : Modul Pendampingan Pastoral & Konseling YAKKUM 2008

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India